Inna Garuda Malioboro



GRAND INNA MALIOBORO, HOTEL LEGENDARIS NAN ELEGAN

Hotel Grand Inna Malioboro yang beroperasi sejak tahun 1911 telah beberapa kali berganti pemilik dan nama. Awalnya hotel ini bernama Grand Hotel The Jogja, lalu berubah menjadi Hotel Asahi pada 1942, Hotel Merdeka pada 1945, dan Hotel Garuda pada 1950.

Pada tahun 1975, hotel ini diserahkan pada PT Natour dan berstatus BUMN, lalu berganti nama menjadi Natour Garuda. Seiring berubahnya PT Natour menjadi PT Hotel Indonesia Natour pada 1993, maka hotel ini pun berubah menjadi Inna Garuda. Terakhir, pada tahun 2001, hotel bintang empat ini berganti nama lagi menjadi Grand Inna Malioboro.


Dengan usia dan perjalanan yang panjang, Grand Inna Malioboro menyimpan sejarah panjang Indonesia dan Yogyakarta, serta telah menjadi salah satu bangunan cagar budaya. Beberapa penghargaan telah diraih oleh hotel ini, antara lain Award of Excellence dari TrustYou pada 2018, Indonesia Leading MICE Hotel Yogyakarta tahun 2018 dari ITTA Awards, Gold Circle dari Agoda, Best Experience in Food 2017 dari Traveloka, Hotel Berwawasan Lingkungan 2017 dari Kementerian Pariwisata, serta Jogja Best Brand Index 2017 dari Solo Pos dan Harian Jogja .


Kamar

Grand Inna Malioboro memiliki 227 kamar yang terbagi atas delapan tipe, yaitu Superior, Deluxe, Deluxe Colonial Building, Deluxe Premier Floor, Junior Suite, Executive Suite , dan Presidential Suite atau Sudirman Suite . Untuk kamar Superior, semuanya bertipe twin . Sejak November 2018, ada 40 kamar di lantai 7 yang direnovasi interiornya dan telah dibuka untuk publik. Lalu, di tahun ini juga akan direnovasi lagi 40 kamar di lantai 6. Fasilitas yang ada di setiap kamar cukup lengkap, antara lain TV LED dengan saluran internasional, telepon, minibar, pembuat kopi dan teh, safety deposit box , sajadah, amenities, bath tub , dan hairdryer.

Fasilitas

Terdiri dari tujuh lantai, Grand Inna Malioboro memiliki beragam fasilitas, di antaranya layanan kamar 24 jam, concierge , penyewaan sepeda, kolam renang anak dan dewasa, akses Wi-Fi gratis, spa, Mataram lounge, D’Malio Oleh-Oleh, D’Malio Boutique, Malioboro Coffee Shop, business center, money changer, arcade, dan Srimanganti Room untuk tamu VIP. Dalam waktu dekat, Grand Inna Malioboro akan memiliki pusat kebugaran serta sauna laki-laki dan perempuan yang berada satu lokasi dengan kolam renang.


Grand Inna Malioboro memiliki dua tempat untuk minum kopi, yakni Café Garuda serta Kopi Arang Malioboro. Selain menyediakan kopi, di Kopi Arang juga tersedia minuman beralkohol untuk mengakomodir tamu asing.

Menariknya, Grand Inna Malioboro juga memiliki ruang Cigar Lounge yang cerutunya disediakan bekerja sama dengan Taru Martani yang telah berdiri sejak tahun 1911.


Ruang Pertemuan

Saat ini Grand Inna Malioboro memiliki 17 ruang pertemuan dan Malioboro Convention Center, dengan kapasitas dari 10 orang hingga 1.000 orang. Ke depannya, Malioboro Convention Center akan mengalami perluasan sehingga bisa mendapat tambahan sekitar 150 orang lagi. Ke-17 ruang pertemuan tersebut berada di lantai 3, sedangkan Malioboro Convention Center ada di lantai dasar sehingga memiliki akses lobi sendiri serta memiliki area foyer yang juga dapat digunakan untuk acara.



Grand Inna Malioboro juga memiliki dua restoran multifungsi yang dapat digunakan untuk para peserta meeting maupun konferensi, yaitu Sasana Handrawina dan Sekar Kedathon. Kedua restoran ini memiliki kapasitas hingga 150 orang. Fasilitas yang ada di ruang pertemuan antara lain LCD plus layar, sound system standar, Wi-Fi, flipchart/whiteboard , permen, block note , pensil, dan air mineral.



Eksplorasi & Pengalaman



Grand Inna Malioboro bisa dibilang berlokasi tepat di jantungnya Yogyakarta, yakni di Jalan Malioboro yang tak pernah sepi oleh wisatawan. Hotel ini juga hanya selangkah dari Stasiun Tugu sehingga tamu yang menginap di Grand Inna Malioboro tak perlu jalan kaki jauh untuk melihat keramaian angkringan di sepanjang Jalan Malioboro, menikmati kopi jos yang fenomenal, belanja batik di Pasar Beringharjo, mengunjungi titik Nol kilometer Yogyakarta, belanja di Malioboro Mall, atau belajar sejarah di Museum Benteng Vredeburg.



Bagi wisatawan maupun pebisnis, setiap Sabtu malam juga dapat menikmati aneka kuliner khas Jogja ditemani hiburan musik yang disediakan Grand Inna Malioboro di area depan hotel. Event bernama Kampung Jogja ini menjadi bagian dari kemeriahan Malioboro di malam minggu, dan para wisatawan yang tak menginap pun bisa mampir dan membeli kuliner unik ini.
https://www.innagroup.co.id/news/grand-inna-malioboro-hotel-legendaris-nan-elegan

old news:

This hotel is legendary as an integral part of Yogyakarta since 1908. Inna Garuda's 223 rooms are furnished in classic but modern elegance and face Malioboro Street, the heart of Yogyakarta. All the amenities expected in an international standard hotel are at your fingertips because You are everything to us!
-----------------------------------------------------------------------------------
Hotel ini telah menjadi legenda dan merupakan bagian dari kota Yogyakarta yang berdiri sejak tahun 1908. Inna Garuda memiliki 223 kamar dengan interior klasik tetapi elegan modern dan terletak berhadapan dengan jalan Malioboro yang merupakan pusat kota Yogyakarta. Segala kemewahan berstandard pada kualitas hotel internasional berada pada ujung jari Anda karena Anda segalanya bagi kami!




» Profile of Inna Garuda
We are located in the heart of Jogja.
Jogja is the name of both city and region in Indonesia. It is famous for its genuine friendliness and you may not be worried about its streets at all day long. In fact, some say that it is never sleeps city. INNA Garuda is located in the heart of the city "in the shopper's paradise of Malioboro" street, near the Sultan's Palace, 42 kilometers from the famous Borobudur Budhist temple, 17 kilometers from the Hindu temple of Prambanan. Everything you need to see in Jogja is close at hand.

We have facilities to meet all your convention need.
17 meeting rooms of various size fully equipped with convention facilities as well as internet services plus HOTSPOT/WI FI. INNA Garuda is the right place for conventions and business.
We have suitable room for your need.
223 rooms with variety of accomodation : superior, deluxe, junior suite, executive suite, and Sudirman Suite. Fully equipped as for a 4 star international Hotel Standard.
We know, that to do business well, you must rest and relax well too.
 You need not to go out of the hotel to unwind. INNA Garuda offers Malioboro Coffee Shop, Mataram Lounge,and 24 hours Room Service.
And anything else you may need, we will provide.
Swimming pool, traditional massage, spa and aroma therapy, 24-hours security, spacious parking area, shuttle service to the airport, medical, banking, postal services, travel office, airline offices, money changer, beauty salon, and shopping arcades.
Well trained and experienced staff.
Our professional staff will do their best to fullfill your wants and needs. They really know that their main job is to make the guest happy and satisfied. They are eager to meet and to serve you.
----------------------------------------
Kami terletak di jantung kota Jogja Jogja adalah nama kota dan provinsi di Indonesia. Kota ini terkenal dengan keramahtamahannya dan Anda tidak perlu khawatir dengan keadaan jalan di Jogja sepanjang hari. Pada kenyataannya, beberapa orang menyebutkan bahwa Jogja adalah kota yang tidak pernah tidur. INNA Garuda terletak pada jantung kota Jogja "di jalan Malioboro yang merupakan surga bagi para orang-orang yang hobi berbelanja", dekat dengan Keraton Yogyakarta, 42 kilometer dari Candi Borobudur yang merupakan candi umat Budha, 17 kilometer dari candi Prambanan yang merupakan candi umat Hindu. Semua yang Anda butuhkan untuk berkeliling Jogja sangat dekat dengan Anda.
Kami memiliki beberapa fasilitas untuk memenuhi kebutuhan konvensi Anda. 

17 ruang rapat yang terdiri dari bermacam-macam ukuran yang lengkap dengan kebutuhan konvensi seperti layanan internet dengan HOTSPOT/WI FI. INNA Garuda tempat yang tepat untuk Konvensi dan Bisnis Anda.
Kami memiliki kamar yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

 223 kamar dengan berbagai macam akomodasi : superior, deluxe, junior suite, executive suite, dan sudirman suite. Lengkap dengan fasilitas yang berstandar pada hotel bintang empat.
Kami tahu, untuk menjalankan bisnis Anda dengan lancar, Anda butuh kenyamanan. 

 INNA Garuda menyediakan Malioboro Coffee Shop, Mataram Lounge dan 24 jam room service.
Kami juga menyediakan kebutuhan lain yang anda perlukan. 

Kolam renang, traditional massage, spa dan aroma therapy, 24 jam keamanan, area parkir yang luas, Layanan antar jemput ke dan dari bandara, klinik kesehatan, bank, Layanan POS, Kantor travel, kantor penyedia jasa transportasi udara, tempat penukaran mata uang, salon kecantikan, dan area perbelanjaan.
Karyawan yang profesional dan terlatih. 

Karyawan kami yang profesional akan melayani semua kebutuhan yang Anda perlukan. 
 


» HISTORY OF INNA GARUDA
Inna Garuda is the hotel with a long history and cannot be separated from Yogyakarta. So far, the hotel's name had been changed six times: Grand Hotel De Djokdja, Hotel Asahi, Hotel Merdeka, Hotel Garuda, Natour Garuda, and now Inna Garuda. Here is the brief history of Inna Garuda since named "Grand Hotel De Djokdja" or "Yogyakarta Hotel".

1908 - 1942 : Grand Hotel De Djokdja or "Hotel Jogja"
grand hotel de djokdja
In the settlement of Dutch in Indonesia, the colonial government wanted to build a hotel at the strategic location on the center of Yogyakarta, in the Malioboro Street. The cottage hotel, which built in 1908, was the biggest and the most luxurious hotel in Yogyakarta named Grand Hotel De Djokdja which means "Yogyakarta Hotel". It started to operate in the year of 1911 and only accommodate the Dutch military guests. In the 1938 the hotel was reshaped in two wings in the right and left side and the main building in the center of it. Photo is provided by courtesy of www.tembi.org


1942 - 1945 : Hotel Asahi
At 1942, Japanese came and conquered Indonesia, including Yogyakarta and the Grand Hotel De Djokdja. Japanese changed the hotel name into Hotel Asahi.


1945 - 1950 : Hotel Merdeka
hotel merdeka
With great sacrifice on 17 August 1945, Indonesia declared their freedom. Asahi Hotel was took over by Indonesian and in line with the spirit of freedom at that time the name of the hotel was changed to Hotel Merdeka. In the 1946, Yogyakarta became the capital of Indonesia due to the political and national security situation and the Hotel Merdeka temporarily became the office complex for the governmental cabinet at that time. Dutch tried to conquer Indonesia again and war occurred betwen the colonialist and the Indonesian soldiers. The late Great Commander General Sudirman stayed in the hotel for several months.


1950 - 1982 : Hotel Garuda
Indonesian government changed the name of Hotel Merdeka into Hotel Garuda in 1950 and in 1975 the government gave the trust to PT. Natour to run the hotel.


1982 - 2001 : Natour Garuda
natour garuda
In the 1982, PT. Natour was trusted by government to renovate Hotel Garuda and upgraded from one star to three stars hotel. The renovation cost about 9 billions rupiah and finished at the end of 1984. To hold the image of historical hotel, therefore the south and north wing building were maintained, but the center building was raised to seven stories. Natour Garuda, which status is BUMN, did the Trial Ceremony with the Great Grand Opening Ceremony on 29 June 1985 at Saturday Legi (which was a good day for Hamengkubuwono IX), and officially opened by Sri Sultan Hamengkubuwono IX-the governor of Yogyakarta. In the 1987 Natour Garuda was officially stated by the government through the tourism, Post and Telecommunication Department as a three stars hotel. Together with the fast tourism development in Indonesia, especially in Yogyakarta, PT. Natour extends the Natour Garuda by adding 120 rooms so that the total is 240 rooms. Sri Paduka Pakualam VIII, the governor of Yogyakarta, officially opened the extension of Natour Garuda on 29 June 1991. It is a special honor that two Kings of Keraton Yogyakarta inaugurated Natour Garuda.


2001 - Now : Inna Garuda
inna garuda
In March 2001, PT. Natour merged with PT. Hotel Indonesia; the name of the hotel was changed to Inna Garuda. As an almost-100-years-old hotel, we have all experiences and traditions to satistfy our guests. Whenever you visit Yogyakarta, please stay at Inna Garuda: the legendary hotel in Yogyakarta!

» INNA GROUP
Inna Hotel Group is by far the most established and experienced chain of international hotels in Indonesia. The hotels of Inna Hotel Group are strategically located at the most favorite tourist resorts such as Medan, Parapat, Padang, Jakarta, Pelabuhan Ratu, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Tretes, and Bali.
Please, scroll down to see the complete list...

Inna Hotel Group : BALI
inna bali
INNA BALI
Hotel, Business & Meeting
Jl. Veteran No. 3, Denpasar 80111
Bali, Indonesia
Phone : +62 361 225681
Fax : +62 361 235347
Email : sales@innabali.com
www.innabali.com

inna grand bali beach
INNA GRAND BALI BEACH
Hotel, Resort & Spa
Sanur, Bali, Indonesia
PO. Box 275 Denpasar 80032 Bali
Phone : +62 361 288511
Fax : +62 361 289917
Email : gbb@indosat.net.id
http://www.grandbalibeach.com

inna sindhu beach
INNA SINDHU BEACH
Hotel, Resort & Meeting
Jl. Danau Tondano No. 14, Sanur
Denpasar 80228, Bali, Indonesia
Phone : +62 361 228351, +62 361 228352
Fax : +62 361 289268
Email : sales@innasindhubeach.com
http://www.innasindhubeach.com

inna putri bali
INNA PUTRI BALI
Hotel, Cottage & Spa
Nusa Dua, Bali, Indonesia
PO. Box 1 Denpasar 80363 Bali
Phone : +62 361 771020, +62 361 771025
Fax : +62 361 771137, +62 361 771139
Email : sales@putribali.com
http://www.putribali.com

inna kuta beach
INNA KUTA BEACH
Hotel, Cottage & Spa
Jl. Pantai Kuta No. 1, Kuta
Denpasar 80361, Bali, Indonesia
Phone : +62 361 751361
Fax : +62 361 751362
Email : marketing@innakutabeach.com
http://www.innakutabeach.com


Inna Hotel Group : JAVA
INNA SAMUDRA BEACH
INNA SAMUDRA BEACH
Hotel, Resort & Meeting
Pelabuhan Ratu, Sukabumi 43165 West Java, Indonesia
Phone : +62 266 431200, +62 266 431201
Fax : +62 266 431203


inna simpang
INNA SIMPANG
Hotel, Business & Meeting
Jl. Pemuda No. 1-3, Surabaya 60271
East Java, Indonesia
Phone : +62 31 5342151-9
Fax : +62 31 5310157
Email : info@innasimpang.com
http://www.innasimpang.com

inna tretes
INNA TRETES
Hotel, Resort & Meeting
Jl. Pesanggrahan No. 2, Pasuruan 67147
East Java, Indonesia
Phone : +62 343 881776, +62 343 881777
Fax : +62 343 881161
Email : ntretes@surabaya.wasantara.net.id
http://www.innatretes.com

inna garuda
INNA GARUDA
Hotel, Convention, & Business
Jl. Malioboro No. 60,
Yogyakarta 59271
Phone : +62 274 566488
Fax : +62 274 563283
Email : sales@innagaruda.com
http://www.innagaruda.com


Inna Hotel Group : SUMATERA
inna dharma deli
INNA DHARMA DELI
Hotel, Business & Meeting
Jl. Balai Kota No. 2, Medan 20111
North Sumatera, Indonesia
Phone : +62 61 4157744
Fax : +62 61 4144477
Email : marketing@innadharmadeli.com
http://www.innadharmadeli.com

inna muara
GRAND INNA MUARA
Hotel, Business & Meeting
Jl. Gereja No. 34, Padang 25001
West Sumatera, Indonesia
Phone : +62 751 35600, +62 751 35365
Fax : +62 751 31163


inna parapat
INNA PARAPAT
Hotel, Resort, & Meeting
Jl. Marihat No. 1, Lake Toba, Parapat 21174
North Sumatera, Indonesia
Phone : +62 625 41012, +62 625 41018
Fax : +62 625 41019



Komentar